Tips Pembelajaran Matematika Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar

Sebagai Mahasiswa semester empat  di FKIP Universitas Sriwijaya Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Matematika Tahun ajaran 2012/2013. Salah satu Mata kuliah yang ditempuh yaitu, mata kuliah PMRI dan Desain materi , yang setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa calon guru memahami RME atau PMRI sebagai Teori Pembelajaran di dalam Pendidikan Matematika di Indonesia.

Terkait dengan Kurikulum 2013, pada mata kuliah ini juga membahas mengenai perubahan kurikulum 2013 dan juga  urgensi kurikulum 2013 pada Sekolah Dasar. Pembahasannya terfokus pada kelas 1 ,kelas 4,kelas 7,dan kelas 10 karena jenjang inilah yang menjadi fokus perubahan kurikulum 2013. Pada pertemuan Ke-tiga Kami menerima penugasan dalam sistem kelompok, dimana menempatkan penulis pada pokok pembahasan Sekolah Dasar Kelas 1. Dalam mata kuliah ini mahasiswa juga dilatih untuk melakukan peer teachingSebelumnya dalam mata kuliah Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika di Semester 3 mahasiswa juga dilatih untuk melakukan peer teaching namun desain pembelajarannya untuk siswa SMP. Karena itu untuk pembelajaran Sekolah Dasar, diperlukan pengetahuan khusus yaitu menyangkut perkembangan Siswa Sekolah Dasar itu sendiri.

Maka dari itu, Adapun cara kreatif dan efektif dalam mengajar matematika untuk Siswa Sekolah Dasar diantaranya :

1. Dramatisasi

Ajaklah semua siswa di kelas untuk merasakan apa yang kita ajarkan. Misalnya ketika anda menjelaskan konsep kubus atau balok, anda dapat membawa mereka untuk merasakan bahwa  ruang kelas mereka adalah contoh balok dan saat ini mereka sedang ada di dalamnya.

2. Pemanfaatan Anggota Tubuh 

Untuk membawa siswa SD kedalam masalah matematika bukan suatu yang sulit. Anda dapat meminta kepada mereka untuk menunjukkan berapa banyak kaki, tangan, dll. Anda juga dapat mengajak siswa untuk menampilkan nomor dengan jari, dimulai dengan pertanyaaan sederhana, “Berapa usia Kamu?” Kemudian siswa diminta menunjukkan angka yang diminta guru

3. Permainan

Ini menjadi kunci penting dalam mengajar matematika di SD. Mengapa? Karena sesuai dengan dunia anak-anak yang masih senang bermain. Melibatkan anak-anak bermain yang memungkinkan mereka untuk melakukan matematika dalam berbagai cara, termasuk pengurutan, menciptakan bentuk simetris dan bangunan, membuat pola, dan sebagainya. Kemudian memperkenalkan permainan jual-beli di toko, menunjukkan anak-anak permainan membeli dan menjual mainan atau benda kecil lainnya, belajar menghitung, aritmatika, dan konsep uang.

4. Cerita

Seperti halnya membawa siswa pada suatu permainan, bercerita menjadi media yang efektif bagi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Anda dapat bercerita atau mendongeng sebuah kisah tertentu yang didalamnya berisi tentag konsep matematika. jika memungkinkan, anda juga dapat memodifikasinya dengan bantuan beberapa alat peraga, semisal boneka tangan untuk media ceritanya. Atau dapat juga menggunakan media untuk memperjelas konsep matematikanya.

5. Manfaatkan Kemampuan Otak Kanan Siswa

Otak kanan adalah belahan otak yang berkaitan dengan emotional quotient (EQ). Kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, kemampuan berimajinasi, kemampuan merasakan atau empati dan kreativitas. Untuk itu, dalam menggali ide matematika seorang anak, kita dapat mengajak mereka berdiskusi. Misalnya seorang anak umur 6 tahun ditanya 

begini: “Pikirkan angka terbesar yang kamu tahu, lalu tambah angka itu dengan lima. Bayangkan kamu memiliki coklat sejumlah angka itu”. “Wah, itu sungguh menyenangkan 
bukan?”

6. Menggunakan kemampuan pemecahan masalah 

Menanyakan anak-anak untuk menjelaskan bagaimana mereka mengetahui masalah-masalah seperti mendapatkan hanya cukup untuk mereka gunting tabel atau berapa banyak makanan ringan mereka perlu jika tamu yang bergabung dengan grup. Mendorong mereka untuk menggunakan jari-jari mereka sendiri atau apapun yang mungkin berguna untuk memecahkan masalah.

7. Menggunakan berbagai strategi

Bawalah matematika dimanapun di dalam kelas, dari menghitung jumlah anak-anak di pagi hari, menghitung meja kursi, meminta anak-anak untuk membersihkan barang yang ada nomor tertentu, atau membersihkan barang yang berbentuk geometris tertentu dsb.

8. Menggunakan teknologi

Cobalah gunakan kamera digital untuk memotret hasil kerja anak, permainan dan aktifitas yang dilakukan, dan kemudian menggunakan foto untuk diskusi dengan anak-anak, perencanaan kurikulum, dan komunikasi dengan orang tua. Gunakan juga teknologi lain, seperti komputer secara bijak

9. Gunakan assessment Untuk mengukur penilaian anak-anak belajar matematika

Menggunakan observasi, diskusi dengan anak-anak, dan kelompok-kecil untuk kegiatan belajar anak-anak tentang matematika dan berpikir untuk membuat keputusan tentang 
apa yang mungkin setiap anak dapat belajar dari pengalaman. Juga mencoba menggunakan komputer untuk penilaian menggunakan program secara otomatis.

SUMBER http://ict.unm.ac.id/artikel-it/tips-a-trik/437-cara-kreatif-dan-efektif-dalam-mengajar-matematika.html

Advertisements
Categories: Education issues, My Task, Web Lesson | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: