Telaah Kurikulum Matematika

Pada Semester Pertama menempuh pendidikan di FKIP Universitas Sriwijaya Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Matematika Tahun ajaran 2011/2012. Mata kuliah yang ditempuh yaitu Pengantar Ilmu Pendidikan, Teori Bilangan, Telaah Kurikulum Matematika, Kalkulus I,Fisika Dasar, Kimia Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Di antara mata kuliah tersebut, terdapat mata kuliah Telaah Kurikulum Matematika yang dibimbing oleh DRA. NYIMAS  AISYAH, M.Pd. dan MERYANSUMAYEKA, S.Pd/, M.Sc. Mata kuliah ini bertujuan agar  Mahasiswa memahami konsep dasar kurikulum dan ketentuan-ketentuan dalam kurikulum matematika sekolah menengah.

Dalam perkulian ini terdapat berbagai manfaat, di antaranya mengetahui

  • Konsep Dasar Kurikulum: pengertian kurikulum, komponen-komponen kurikulum dan fungsi kurikulum
  • Kompetensi-kompetensi Pembelajaran Matematika SMP/SMA serta penjabarannya
  • Penjabaran Materi Pembelajaran
  • Pemecahan Masalah Matematika
  • Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
  • Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH)
  • Pengembangan Silabus dan RPP
  • Penilaian Pembelajaran Matematika
  • Strategi pelaksanaan kurikulum: perencanaan (keterkaitan antara silabus dan RPP), pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan tindak lanjut (analisis Ulangan Harian, pengajaran remedial dan pengayaan)

Pada salah satu perkuliahannya, kami mendapatkan penugasan sebagai berikut :

Lakukan kunjungan ke beberapa SMP/SMA secara berkelompok untuk mengetahui  apakah sekolah-sekolah tersebut telah memiliki KTSP.

  1. Jika sudah,apakah ada persamaan dan perbedaan antara KTSP sekolah satu dengan sekolah yang lain?
  2. Jika belum, apa alasan/penjelasan dari sekolah tersebut?

Hasil Penelusuran Kami terhadap SMA Negeri 1 Indralaya dan SMA Negeri 1 Pangkalpinang

SMA Negeri 1 Indralaya dan SMA Negeri 1 Pangkapinang keduanya telah memiliki KTSP,selain itu kurikulum KTSP di kedua sekolah ini dinilai sebagai kurikulum yang lebih memiliki fleksibilitas,dimana program pengajaran dikembangkan berdasarkan sekolah masing-masing,sesuai dengan pengertian KTSP itu sendiri yaitu Kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.Adanya otonomi sekolah namun tetap berpegang pada pedoman umum KTSP itu sendiri.

KTSP pada dasarnya terdiri dari 2 komponen yaitu komponen penunjang dan komponen pokok. Komponen penunjang kurikulum KTSP di kedua sekolah ini adalah sama,yaitu komponen penunjang terdiri dari

  1. Standar isi
  2. Standar proses
  3. Standar kompetensi lulusan
  4. Standar Pendidikan dan tenaga kependidikan
  5. Standar sarana dan prasarana
  6. Standar pengelolaan
  7. Standar Pembiayaan
  8. Standar penilaian pendidikan

Komponen pokok kurikulum KTSP terdiri dari 2 yaitu Struktur program dan Silabus.

Struktur program sendiri terdiri dari :

  1. Pengelompokan mata pelajaran (5  Kelompok)
  2. Jumlah mata pelajaran( 8 mata pelajaran +mulok,pengembangan diri)
  3. Alokasi waktu
  4. Susunan mata pelajaran
  5. Sistem peket/sistem kredit

Pada poin 1, Kedua sekolah ini menggunakan kelompok mata pelajaran yang serupa,yaitu kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia ( yang ada di 2 sekolah ini adalah Pendidikan Agama Islam),kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian( mata pelajaran PKN),Kelompok mata pelajaran Ilmu pengetahuan dan teknologi ( mata pelajaran TIK),Kelompok mata pelajaran estetika ( mata pelajaran Seni budaya),dan kelompok mata pelajaran jasmani,kesehatan, dan olahraga ( mata pelajaran PENJASKES).

Pada poin kedua terdapat hal yang berbeda yaitu Mata pelajaran Mulok di SMA Negeri 1 Indralaya adalah Pertanian untuk Program IPA,dan Komputer Akutansi untuk program IPA.Sedangkan di SMA Negeri 1 Pangkalpinang mata pelajaran mulok adalah Bahasa Mandarin.

Untuk poin ke 3,4, dan 5 disusun mengikuti silabus yang berkembang.

Silabus ialah suatu rencana pembelajaran terperinci untuk satu mata pelajaran yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran. Komponen pokok yang kedua ini dibuat oleh masing-masing sekolah namun tetap sesuai dengan panduan pemerintah,sehingga dalam silabus ada perbedaan karena silabus sendiri yang berisi : Nama mata pelajaran,Kelas/semester,alokasi waktu,standar kompetensi,kemampuan dasar,materi pokok,kegiatan pembelajaran,indikator,penilaian,dan sumber belajar disesuaikan dengan situasi dimasing-masing sekolah baik itu kemampuan siswa,ataupun sarana prasarana yang dimiliki.

Advertisements
Categories: My Task | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: