Urgensi Kurikulum 2013 Bagi Sekolah Dasar

Kurikulum baru yang rencananya akan dimulai pada tahun ajaran 2013/2014 sedianya akan diberlakukan terhadap siswa dari jenjang sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

Dari ketiga jenjang sekolah ini, pendekatan untuk tingkat dasar menjadi yang paling krusial. Seperti diketahui, jumlah mata pelajaran untuk jenjang SD dipadatkan menjadi enam mata pelajaran dari sebelumnya sebanyak 10 mata pelajaran. Berkurangnya jumlah mata pelajaran pada tingkat SD ini diakibatkan agar mata pelajaran IPA dan IPS tidak lagi berdiri sendiri, tetapi terintegrasi dengan mata pelajaran wajib lainnya.

Rencana pendekatan kurikulum 2013 untuk jenjang sekolah dasar (SD) dan sederajat, menggunakan metode tematik integratif. Metode ini sebenarnya sudah diterapkan di banyak sekolah. Karena dinilai berhasil, pemerintah lalu mengadopsi dan berencana menerapkannya secara nasional. Hal itu dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh saat, melakukan uji publik Pengembangan Kurikulum 2013, Sabtu (8/12/2012), di kampus Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat. “Metode ini bukan sesuatu yang baru,” ujarnya.

Perkembangan terbaru mengenai wacana ini sebagaimana dilansir Kompas(19/2) di dasarkan atas kesiapan sekolah dasar dari sisi akreditasi, ketersediaan guru, dan sarana prasarana.Mengenai Kurikulum 2013 pada jenjang sekolah dasar hanya akan diterapkan di SD berakreditasi A dan B pada tahun 2013. Adapun SD berakreditasi C akan menerapkan kurikulum baru tersebut mulai tahun 2014.

Draf Kurikulum 2013 yang dirilis saat uji publik sampai sekarang kerap mengalami perubahan. Tetapi draf Kurikulum 2013 yang terbaru atau versi terakhir sudah kembali dirilis ke publik. Terutama untuk tingkat SD.

Berikut link Untuk mendownload Draf Kurikulum 2013 untuk tingkat Sekolah Dasar

Download Draf Kurikulum 2013 untuk SD/MI Format PDF
Download Draf Kurikulum 2013 untuk SD/MI Format Doc
Download Draf Kurikulum 2013 untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA 

Terlepas dari berbagai pembahasan,baik pro dan kontra akan adanya Kurikulum 2013 ini,diharapkan  setiap tujuan maupun implementasi kurikulum tentunya mengarahkan kita kepada pembaharuan yang berujung kepada titik dimana pendidikan kita mampu mewujudkan generasi muda yang tidak hanya memiliki kemampuan intelektual yang tinggi,melainkan mahir menggunakan sentuhan ICT dalam pembelajaran,serta senantiasa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas dari Budaya dan Seni.

Advertisements
Categories: Education issues | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: